12 Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak dengan Mudah, Cepat dan Lengkap

Inilah Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak dengan Mudah, Cepat dan Lengkap. Bagi kalian yang mempunyai laptop tapi belum tahu caranya untuk memperbaikinya sendiri, silahkan bisa kalian baca tutorial dan panduan yang ajzkk berikan dibawah ini.

Di kehidupan serba modern ini, terutama bagi orang yang menempuhpendidikan atau bekerja di kantoran, keberadaan laptop sangatlah penting. Laptop memberi kemudahan untuk menyelesaikan berbagai jenis tugas terutamauntuk menyimpan,mengolah, & mencetak data. Laptop juga mempermudah dalammendapat informasi & berhubungan dengan orang lain dengan adanya internet. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, sayamenyarankan sobat membaca juga mengenai Panduan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak,panduan ini bagus dimiliki orang yang ingin bisa memperbaiki laptop.

Namanya alat elektronik, laptop suatu waktu pasti akan mengalamikerusakan. Berikut ini adalah berbagai jeniskerusakan laptop & cara memperbaikinya :

1. Laptop Mati Total
Laptop mati total dimana ketika laptop dipasang adaptor AC kelaptop, tidak ada lampu menyalakan sama sekali. Serta ketika menekan tombolpower, tidak ada reaksi yang terjadi. Laptop tampaknya benar-benar mati, tidakada suara, tidak ada indikasi hidup.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Memperbaikinya:
  • AC adaptor gagal & baterai habis sepenuhnya. Pertama-tama,uji AC adaptor. Jika memang mati, ganti adaptor.
  • DC jack terlepas dari motherboard (atau DC jack rusak) danlaptop tidak memperoleh daya listrik dari adaptor AC. Dalam hal ini jack DCharus diganti.
  • Motherboard Laptop rusak. Jika itu terjadi,kemungkinan besar laptop tidak layak diperbaiki.

2. Laptop menyala tapi layar blank.
Laptop menyala, lampu LED pada laptop nyala, pendinginan kipasbekerja tapi tidak ada yang muncul di layar. Layar benar-benar hitam dankosong. Tidak ada gambar di layar sama sekali, bahkan gambar sangat redup jugatidak ada.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Memperbaikinya :
  • Masalah mungkin disebabkan karena kegagalan memori. Modulmemori gagal & laptop tidak menyala karena itu. Dalam hal ini Kalian dapatmencoba reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot.Kalian dapat mencoba melepas modul memori satu per satu & menguji laptop denganhanya satu modul memori yang terpasang. Kalian dapat mencoba mengganti modulmemori dengan modul baru.
  • Jika reseating / mengganti modul memori tidak membantu, cobalepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll. Dengan katalain, bongkar laptop & hanya terpasang peralatan minimal & uji lagi. Jikalaptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.

3. Laptop menyala & lalu mati lagi.
Laptop menyalakan tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar.Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya. Kemudian menyala danmati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Memperbaikinya :
  • Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jeniskegagalan motherboard. Kalian dapat mencoba reseating / mengganti memori sepertiyang saya jelaskan di masalah
  • Jika tidak membantu, berarti  kerusakan motherboard.Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, lebih baik membelilaptop baru.

4. Laptop sangat bising.
Laptop menyala & semuanya bekerja dengan baik, namun tibulbeberapa keanehan yaitu suara bising & berderak. Beberapa laptop membuatsuara setiap saat, laptop lain hanya sebentar-sebentar.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Memperbaikinya :
Dalam kebanyakan kasus kebisingan ini berasal dari kipas pendinginatau hard drive laptop. Jika laptop membuat kebisingan ketika kipas pendinginmulai berjalan, kemungkinan besar rusak. Pasang kembali kipas pendingin. Jikalaptop membuat suara bahkan ketika kipas tidak berputar, mungkin itu berasaldari hard drive. Back up semua data pribadi dari hard drive sesegera mungkin,kerusakan total dapat terjadi setiap saat. Pasang kembali hard drive.

5. Laptop mati atau macet ketika sedang digunakan.
Laptop menyala & berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapasaat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi,laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih kerasdari biasanya.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Memperbaikinya :
Kemungkinan besar ini adalah masalah panas processor. Hal initerjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu & laptop tidak bisa“bernafas” dengan benar. Laptop dimatikan atau macet karena prosesor (CPU)terlalu panas. Bersihkan kipas pendingin & heatsink untuk memperbaiki masalah.

6. Baterai laptop tidak terisi.
Baterai laptop tidak terisi dengan benar bisa disebabkan duakemungkinan; tidak sama sekali ataukah setelah Kalian mengatur posisi konektoradaptor AC di dalam konektor daya pada laptop.
  • Kerusakan baterai. Jika baterai benar-benar tidak terisisedikitpun, coba gunakan dulu baterai saja. Jika tidak membantu, keluarkanbaterai & coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor. Jika laptop berjalandengan baik dari adaptor AC tetapi tidak mengisi baterai sama sekali,kemungkinan besar baterai rusak atau masalah motherboard. Cobalah menggantibaterai dulu.
  • Lepas konektor daya DC. Jika pengisian baterai berhentisetelah Kalian mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DCjack bermasalah.

7. Layar jadi gelap sementara laptop berjalan.
Laptop start dengan benar, tetapi setelah beberapa saat lampulayar mati. Gambar masih muncul di layar tetapi sangat gelap. Dalam beberapakasus lampu layar tidak pernah start tetapi Kalian masih bisa melihat gambar yangsangat samar di layar. Dalam semua kasus video laptop tampaknya baik-baik sajajika menggunakan monitor eksternal atau TV.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Memperbaikinya:
Kemungkinan besar itu baik inverter layar atau lampu layarbacklight (CCFL) rusak. Keduanya jika rusak sangat mirip & menyebabkan cahayalayar redup. Untuk trobuleshoot jenis kegagalan secara efektif, Kalian memerlukanbeberapa suku cadang: baik inverter kerja baru atau lampu backlight yangdikenal masih baik.

8. Laptop memiliki gambar aneh atau kacau di layar.
Laptop nyala dengan benar tetapi di layar menunjukkan gambar burukatau kacau.
Kemungkinan Penyebab & Solusi Cara Memperbaikinya :
  • Kegagalan Kartu grafis. Pertama-tama, uji laptop Kalian denganoutput gambar pada monitor eksternal. Jika Kalian melihat masalah yang sama padalayar eksternal, kemungkinan besar ini adalah kegagalan kartu grafis.
  • Jika masalah hanya muncul di layar laptop, dapat dikaitkandengan salah satu dari berikut: koneksi yang buruk antara kabel video danmotherboard atau layar LCD atau kabel video gagal atau layar LCD gagal.

9. Beberapa tombol keyboard laptop berhenti bekerja.
Laptop menyala & berjalan dengan baik tetapi beberapa tombolkeyboard tidak bekerja sama sekali atau karakter yang salah ketik.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Cara Memperbaikinya :
Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard gagal. Keyboard laptoptidak dapat diperbaiki. Jika beberapa tombol berhenti bekerja, Kalian harusmengganti keyboard.

10. Tombol keyboard laptop hilang atau rusak.
Sebuah tombol hilang dari keyboard laptop.


Solusi Cara Memperbaikinya :
Jika tombol hilang dari keyboard, masih mungkin untukmemperbaikinya tanpa mengganti seluruh keyboard. Mudah-mudahan Kalian tidakmerusak engsel tombol. Jika Kalian memiliki banyak tombol hilang, mungkin masukakal untuk mengganti seluruh keyboard.

11. Laptop membuat suara beep yang berulang pada startup.
Ketika menghidupkan laptop tapi tidak ada video di layar.Sebaliknya, laptop membuat suara bip berulang-ulang. Laptop akan jalan normankebali jika menekan salah satu pada tombol keyboard.

Kemungkinan Penyebab & Solusi Cara Memperbaikinya
Kemungkinan besar itu terjadi karena ada tombol terjebak padakeyboard. Dalam hal ini Kalian harus mengganti keyboard.

12. Cairan tumpah di laptop.
Kalian menumpahkan sesuatu pada laptop & laptop berhenti bekerja.


Cara Memperbaikinya : Tumpahan cairan yang sangat berbahaya & takterduga. Jika itu terjadi, matikan laptop, keluarkan baterai & janganmenggunakannya sampai semua bagian internal diperiksa dari kerusakan cair.

Itulah trik yang bisa ajzkk berikan. Semoga Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak dengan Mudah, Cepat dan Lengkap ini bermanfaat.