9 Cara Mudah Merawat Komputer Atau Laptop Agar Tetap Aman

Hay sobat semua. Ajzkk kali ini akan memberikan anda tips tentang 9 Cara Mudah Merawat Komputer Atau Laptop Agar Tetap Aman. jika anda mempunyai komputer atau laptop sebauknya anda juga harus merawatnya agar bisa awet jangan dibuat internetan atau main game saja tanpa perawatan. seperti halnya merawat harddisk agar tetap awet. Langsung saja simak dibawah ini.

9 Cara Mudah Merawat Komputer Atau Laptop Agar Tetap Aman

Cara merawat komputer atau laptop :
1. Gunakan Anti Virus
Pastikan gunakan anti virus terbaik agar komputer anda aman dari virus dan komputer mampu bekerja lebih maksimal. Anti Virus juga mampu dalam menjaga keamanan untuk jaringan komputer.

2. Gunakan UPS (Uninteruptable Power Supply)
Gunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) untuk menjaga komputer dari crash selama listrik padam. UPS juga bisa membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan agar tidak terganggu saat listrik padam.

3. Lepas Baterai Saat Terhubung dengan Lstrik
Untuk pengguna laptop atau notebook pastikan kalau terhubung dengan listrik dan baterai sudah penuh, alangkah baiknya bila baterai di lepas agar baterai tidak cepat ngedrop atau baterai menjadi lemah.

4. Backup Data Anda
Pastikan data anda sudah ter-backup agar jika suatu saat ada hal - hal yang tidak di inginkan seperti tidak sengaja data anda terhapus atau hilang oleh virus, anda tidak binggung karena anda sudah meng-backup data terlebih dahulu.

5. Bersihkan Komputer dari Debu
Gunakan cleaner atau lap halus untuk membersihkan bagian - bagian komputer dari debu agar komputer terlihat bersih.

6. Harddisk Selalu di Defrag
Pastikan Harddisk juga dirawat dengan selalu di defrag supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan.

7. Mematikan Komputer dengan Benar
Jangan mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power, tunggulah sampai Windows benar-benar telah mati ter-shut down dengan sempurna.

8. Janganlah menyimpan beban diatas laptop
Walau sebagian produsen laptop mengklaim bahwa product mereka tahan banting serta tahan tekanan benda berat namun lebih bijaksana bila anda melindungi laptop anda dari tekanan benda-benda berat. ingat laptop dipenuhi dengan komponen-komponen yang amat slim serta letaknya nyaris berhimpitan satu sama lain. dengan meletakan beban diatas laptop di kuatirkan dapat menghimpit di antara komponen serta menghimpit komponen yang lain hingga dapat berlangsung rusaknya.

9. Pakai screen protector serta keyboard notebook
Pemakaian screen pelindung pada layar laptop dibutuhkan, tak hanya untuk menjaga LCD agar bersih juga untuk menghindar dari goresan yang disengaja maupun tidak disengaja. begitupun dengan keyboard butuh and lingungi juga. tak hanya supaya tombol-tombol keyboard terus bersih juga membuat perlindungan keyboard dari tetesan-tetesan air yang tidak disengaja.

Semoga artikel Ajzkk tentang 9 Cara Mudah Merawat Komputer Atau Laptop Agar Tetap Aman bermanfaat.