6 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Rusak, dan Eror

Hay sahabat ajzkk semua, hari ini saya akan share kepada anda trik komputer tentang Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Rusak, dan Eror. Bagi anda yang belum bisa memperbaiki sendiri keyboard yang rusak, silahkan simak caranya dibawah ini!

Keyboard laptop itu sangat berperan penting dalam mengoperasikan laptop atau PC anda. Benar bukan? yap,, tanpa adanya keyboard / jika keyboard anda rusak tentunya anda akan bingun bagaimana cara memperbaikinya. Untuk itu disini ajzkk berikan tutorialnya kepada anda.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Dalam memperbaiki keyboard laptop itu bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tukang service. Apabila anda berniat untuk mencoba memperbaiki keyboard laptop anda yang rusak tanpa harus ke tukang service keyboard, silahkan lakukan enam caranya untuk mengatasi keyboard eror dibawah ini.

1. Mendiagnosis masalah
Ketika sobat menekan tombol di keyboard laptop sobat, maka pastikan hal apakah yang membuat keyboard laptop tersebut tidak bergerak, apakah hal itu hanya diakibatkan karena keyboard yang macet? Atau apakah laptop sebenarnya menanggapi masukan yang Sobat lakukan melalui keyboard? Dalam hal ini maka pastikan Sobat menekan semua tombol yang ada pada laptop Sobat. Pastikan bahwa dari penekanan beberapa tombol, akan ada respon dari laptop terhadap salah satu tombol keyboard yang Sobat tekan tersebut. Jika semua tombol kunci tidak terpengaruh, maka kemungkinan yang terjadi adalah ada kerusakan pada perangkat lunak didalam laptop Sobat.

2. Bersihkan tombol yang tidak bekerja
Bila kerusakan keyboard hanya terjadi pada bagian tombol tertentu, maka ambil sebuah kain serat yang sedikit dibasahkan, & cobalah membersihkan pada permukaan tombol yang rusak tersebut. Sobat juga dapat membuka tombol keyboard yang macet akibat terkunci oleh sesuatu hal, seperti debu & lain sebagainya, namun dalam hal ini Sobat harus berhati-hati melakukannya supaya tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada tombol keyboard yang hendak Sobat perbaiki.

3. Lepaskan tombol yang tidak bekerja
Melakukan hal ini dapat dilakukan dengan bantuan gunting kuku & menarik keluar tombol yang mengalami kerusakan. Gunakan hook kecil untuk menarik secara perlahan sampai kunci memang benar-benar telah tertarik keluar. Angkatlah engsel plastik yang terlipat dibawah bagian tombol yang rusak tersebut, & lakukan pembersihan secara hati-hati.

4. Bersihkan sensor keyboard dengan kain kering
Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil dengan bentuk sebuah baris, merupakan komponen atau kunci yang telah terhapus. Berhati-hatilah membersihkannya, sebab perangkat ini sangat peka, & telah rusak, maka akan membutuhkan harga yang sangat mahal untuk membeli perangkat yang baru. Lakukanlah pembersihan dengan cara lembut dengan kain serat yang kering untuk menghilangkan debu atau remah atau juga partikel yang mengganggu keyboard berfungsi dengan baik. Jangan membersihkan dengan kain basah, sebab hal ini akan mempertinggi resiko kerusakan keyboard.

5. Pasang kembali tombol secara benar
Pasang kembali tombol yang sudah Sobat bersihkan sesuai dengan tempat seperti Sobat membukanya sebelumnya. Tutup bagian tombol secara tepat & tidak berubah dari posisi yang semula, ketika Sobat membukanya.

6. Uji Keyboard Sobat
Setelah pemasangan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menguji bagian keyboard yang baru saja Sobat bersihkan. Bila dalam pengujian tombol juga belum bekerja, maka coba restart komputer Sobat, atau mengaktifkan system restore & hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalah bukan terjadi pada perangkat lunak. sumber : mazinu.
Keterangan : Apabila anda masih belum berhasil melakukan ke enam cara diatas, berarti anda saatnya untuk membawanya ke tukang service laptop terdekat. Karena apa? karena jika anda terlalu memaksakan untuk memperbaikinya sendiri bisa-bisa yang terjadi malah rusak total. HEHEHEHE,,

Demikian trik komputer yang bisa ajzkk tuliskan, semoga 6 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Rusak, dan Eror ini bermanfaat bagi anda semua!